Pengertian Surga Dan Nikmatnya





I. Surga


Pengertian Surga

   Surga ialah suatu tempat kediaman yang berada di alam akhirat yang tempat itu diliputi oleh berbagai kenikmatan dan kebahagiaan yang belum pernah seseorang hamba Allah swt. melihat, mendengar, dan menikmatinya saat hidup didunianya. Dan ketahuilah bahwa surga dipersiapkan bagi hamba-Nya yang bertakwa semasa didunianya, begitu juga bagi hamba-Nya yang beriman dan senantiasa beramal shaleh. Merupakan balasan baginya buat selama-lamanya. Hal ini sesuai dengan firman Allah swt. dalam Al Qur'an, surat asy Syu'araa, ayat 90.
   "Dan (pada hari itu) surga didekatkan kepada orang-orang yang bertakwa".
Dan firman-Nya dalam surat Al Baqarah, aya 82.
   "Dan orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, mereka itu penghuni surga, didalamnya mereka kekal".
   Dalam Al Qur'an pada lain surat tersebut di atas masih menjelaskan mengenai surga, dan bagi orang yang pantas menghuninya.






II. Kenikmatan Yang Diberikan Allah Bagi Ahli Surga
  
 Ketahuilah, bahwa didalam surga itu terdapat kenikmatan yang luar biasa dan lain seperti halnya yang ada didunia. Untuk mengetahui kenikmatan yang diberikan bagi penghuni surga ialah:
1. Dapat Melihat Dzat Allah Azza Wa Jalla.

   1. Mengenai melihat Dzat Allah Azza Wa Jalla, dalam Al Qur'an, surat Al Qiyamah, ayat 23, Allah swt. berfirman: "Kepada Tuhan-Nyalah mereka melihat".

2. Mendapatkan Kemuliaan Dan Dihormati Oleh Allah Dan Para Malaikat.

   Hal ini berdasarkan penegasan Allah swt. dalam Al Qur'an, surat Yaasiin ayat 58:
   "(Mereka akan mendapat) ucapan penghormatan sebagai ucapan dari Tuhan Yang Maha Penyayang".
   Begitu juga juga saat itu penghuni surga masuk ke dalam surga, merekapun juga saat itu penghuni surga masuk ke dalam surga, merekapun juga mendapat kemuliaan dan dihormati oleh para malaikat. Dikala itu mereka masuk kedalam dari semua pintu, seraya memberi salam penghormatan. "Salaamun 'alaikum Bima Shabartum. "Keselamatan atas berkat kebesaranmu".
   Sebagaimana penegasan Allah swt. dalam Al Qur'an, surat Ar Ra'ad,ayat 23-24.
   "Dan malaikat-malaikat masuk ketempat-tempat mereka dari semua pintu, (seraya mengucapkan salam). 
   "SALAAMUN 'ALAIKUM BIMAA SHABARTUM".
   Sungguh alangkah baiknya tempat kesudahan itu".
Firman-Nya lagi dalam surat Al Ahzab, ayat 44.
   "Salam penghormatan kepada mereka mereka (bagi orang-orang beriman) pada hari mereka menjumpai-Nya (yaitu): "Salaam sejahtera".

3. Ahli Surga Saling Mengunjungi.
   
   Mengenai hal ini dalam Al Qur'an, surat Ath Thuur, ayat 25-28. Allah berfirman :
   "Dan sebagian mereka menghadap kepada sebagian yang lain (dan) saling bertanya. Berkatalah mereka. Sesungguhnya kami dahulu saat ada di dalam keluarga kami takut (pada siksa). Sebab itu Allah menganugerahi kepada kami dan menjaga kami daripada siksa neraka. Sesungguhnya kami dahulu menyembah-Nya. Sesungguhnya Dia-lah yang mencurahkan kebaikan lagi Maha Penyayang". Nah, dengan menyimak dan memperhatikan penegasan Allah swt.tersebut, maka akan dapat dapat difahami, bahwa penghuni surga itu bisa saling mengunjungi satu sama lainnya,sama halnya sewaktu dikehidupan dunia. Yakni melakukan kunjungan ke tempat ke kerabat terdekat, kawan, dan kepada orang yang kita anggap berjasa dan terhormat serta mulia di dalam kehidupan ini. Adapun kunjungan yang kita lakukan itu demi untuk sesuatu hal yang di butuhkan.

4. Ahli Surga Bercakap-cakap Dengan Ahli Neraka.

   Mengenai dialog dan perbincangan penghuni surga dengan penghuni neraka ini, dalam Al Qur'an, surat Al A'raaf, ayat 44. Allah swt. menegaskan :
   "Dan para penghuni surga berkata kepada para penghuni (dengan berkata) : "Sungguh kami benar-benar telah mendapat apa yang tuhan kami janjikan kepada kami. Karena itu apakah kamu telah mendapat dengan sebenar-benarnya (siksa) yang Tuhan kamu menjanjikan (kepada mu) ? ". Mereka ( penghuni neraka ) menjawab : "Betul". Kemudian seorang penyeru ( malaikat ) memberi pengumuman diantara kedua golongan itu : "Kutukan Allah diberikan kepada orang-orang yang dhalim".
   Demikian juga bagi penghuni neraka, merekapun bisa melakukan dialog dan berbincang-bincang dengan penghuni surga. Hal ini sesuai panegasan Allah swt. dalam Al Qur'an, surat Al A'raaf, ayat 50.
   "Dalam penghuni neraka memanggil penghuni surga (dengan megatakan) : Curahkanlah kepada kami sedikit air atau makanan yang telah dirizkikan Allah kepadamu". Mereka (penghuni surga) menjawab: "Sesungguhnya Allah telah mengharamkan keduanya (yaitu air dan makanan) kepada orang-orang yang ingkar".
   Itulah penegasan Allah swt. mengenai perbincangan ahli neraka kepada ahli surga. Mudah-mudahan kita semua termasuk hamba-Nya, sehingga menjadi calon penghuni surga-Nya.





Nama-Nama Surga Dan Tingkatannya

1. Nama-Nama Surga.

   Mengenai nama-nama surga dalam Al Qur'an, allah swt. telah menegaskan, yaitu sebagai berikut :

-Surga Firdaus.

   Mengenai surga firdaus ini, dalam Al Qur'an, surat Al Kahfi, ayat 107, Allah swt. telah mendengarkan:
   "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh bagi mereka adalah surga firdaus menjadi tempat tinggal". Juga penegasan-Nya dalam Al  Qur'an, surat Al Mu'minuun, ayat 9-11. 
   "Dan orang-orang yang memelihara shalat. Mereka itu adalah orang-orang yang akan mewarisi (yaitu) yang bakal mewarisi surga firdaus, mereka kekal di dalamnya".

-Surga 'Adn.

   Perihal surga 'Adn ini telah banyak sekali di jelaskan dalam Al Qur'an. yaitu sebagai berikut :
Firman Allah swt. di dalam surat Thaaha, tepatnya ayat 76.
   "(Yakni) surga 'Adn yang di bawahnya mengalir sungai-sungai, didalamnya mereka kekal. Dan itulah (merupakan) balasan bagi orang yang (dalam keadaan) bersih (saat didunianya dari berbagai dosa)".
Firman-Nya lagi didalam surat Shaad, ayat 50 :
   "(Yaitu) surga 'Adn yang pintu-pintunya terbuka bagi mereka".
   Firman-Nya juga didalam surat Al Kahfi, ayat 30-31 :
   "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, sungguh pasti kami (Allah) tidak bakal menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengerjakan amal(nya) dengan baik. Mereka itulah (orang-orang) yang bagi mereka surga 'Adn, (yakni) yang mengalir sungai-sungai dibawahnya.
   Dan juga firman-Nya didalam surat Al Mu'minuun, ayat 8 :
   "Wahai Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga 'Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang shaleh diantara bapak-bapak mereka, dan istri-istri mereka, dan keturunan mereka semua.

-Surga Na'iim.  

 Dalam Al-Qur'an surat Al Hajj, ayat 56. Allah swt. telah menegaskan :
 "Maka orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh ada di dalam surga yang penuh kenikmatan".
 Firman-Nya lagi didalam surat Al Luqman, ayat 8 :
   "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, bagi mereka bakal mendapat surga yang penuh kenikmatan".
 Firman-Nya didalam surat Ash Shaffat, ayat 43 :
   "Di dalam surga-surga yang penuh kenikmatan".
Juga firman -Nya didalam surat Al Hajj, ayat 56 :
   "Karena itu orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh ada didalam surga yang penuh kenikmatan".

-Surga Ma'wa.

   Banyak sekali didalam Al Qur'an dijelaskan, antara lain :
Surat As Sajdah, ayat 19 Allah swt. menegaskan:
   "Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh. Maka bagi mereka mendapat surga-surga tempat kediaman, merupakan pahala pada apa yang telah mereka kerjakan".
Firman-Nya lagi didalam surat An Naziat, ayat 41 :
   "Maka sesungguhnya surga ma'walah tempat tinggal (nya)".
Firman didalam surat As sajdah, ayat 19 :
   "Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh. Maka bagi mereka mendapatkan surga-surga tempat tinggal, pahala pada apa yang telah mereka kerjakan".
Dan firman-Nya didalam surat An Najm, ayat 15 :
   "Di sisinya ada surga tempat tinggal (orang-orang yang bertakwa)".

-Surga Darussalam.

   Mengenai surga Darussalam ini, telah banyak dijelaskan didalam Al Qur'an, di antaranya ialah :
Dalam surat Yunus, ayat 25 :
   "Dan Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (yakni surga), dan memimpin orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus".
Dalam surat Al An'aam, ayat 127 :
   "Bagi mereka (disiapkan surga) Darussalam di sisi Tuhannya dan Dia-lah pelindung mereka di karenakan amal-amal shaleh yang telah mereka kerjakan".

-Surga Darrul Muqoomah.

   Sesuai dengan penegasan Allah swt. di dalam Al Qur'an, surat Faathir, ayat 34-35 :
   "Dan berkatalah mereka : segala puji bagi Allah yang telah menghapus (rasa) duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami adalah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang memberu tempat kami didalam tempat yang kekal (surga) dan karunia-Nya".

-Surga Maqoomul Amiin.

   Sesuai dengan penegasan Allah swt. didalam Al Qur'an, surat Ad Dukhan, ayat 51 :
   "Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa tinggal didalam tempat yang aman (surga)".

-Surga Khuldi.

   Didalam Al Qur'an, tepatnya surat Al Furqaan, ayat 15, Allah swt. telah menegaskan :
   "Katakanlah : "Apa (siksa) yang seperti itu yang baik, atau surga yang kekal, yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa, sebagai balasan dan kediaman kembali mereka",
   

3 komentar:

Sweety Aselabar mengatakan...

wow amazing.. smoga kita nanti menempatinya

Sweety Aselabar mengatakan...

surganya kurang satu, bukannya ada 9 tingkayan surga?

Afra Rahmania Santi mengatakan...

emang apa ke 9 nya ?

Poskan Komentar